Abstract:
Pembelajaran ini dilakukan untuk mengutahui apakah pembelajaran
Akuntansi menggunkan model pembelajaran Snowall Throwing melalui media
Microsoft PowerPoint dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI
SMK BM Harapan Mekar Medan Tahun Pembelajarn 2017/2018 yang berjumlah
32 orang siswa dalam 1 kelas.
Teknik analisis data menggunakan tiga rumus yang pertama menghitung
presentase perubahan hasil belajar siswa secara klasikal, yang kedua menentukan
daya serap siswa secara individu dan yang ketigatingkat ketuntasan belajar
Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah model pembelajaran
Snowball Throwing dengan Melalui media Microsoft PowerPoint penelitian yang
digunakan adalah tes dan observasi.
Adapun hasil belajar siswa setelah menggunakan media Microsoft
PowerPoint untuk siklus I siswa berjumlah 14 siswa ( 43,75%) dan yang tidak
tuntas berjumlah 18 siswa ( 56,62%) dengan nilai tertinggi 85 dan nilai terendah
45, sedangkan untuk Hasil Belajar Siklus II siswa yang tuntas berjumlah 27 siswa
( 84,37%) dan yang tidak tuntas berjumlah 5 siswa ( 15,62% ) dengan Nilai
tertinggi 90 dan Nilai terendah 50. Dengan demikian hipotesis penelitian yaitu “
Ada Peningkatan hasil belajar akuntansi dengan menggunakan model
pembelajaran Snowball Throwing melalui media Microsoft PowerPoint siswa
kelas XI Akuntansi SMK BM Harapan Mekar Medan tahun Pembelajaran
2017/2018