Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi yang di peroleh
siswa masi rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah
Model Pembelajaran Think paire Share dengan menggunakan media Flip
Chart dapat meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa di Kelas X SMK
PAB 8 Sampali adapun yang menjadi rumusan masalah penelitiian ini adalah
bagaimana penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Dengan
Menggunakan media Flip chart pada kompentensi dasar jurnal umum di
Kelas X SMK PAB 8 Sampali T.P 2016/2017.
Apakah ada peningkatan hasil belajar siswa Kelas X akuntansi dengan
menggunakan Model Pembalajaran Think Pair Share dengan mengunakan
media Flip Chart SMK PAB 8 sampali T.P 2016/2017. Jenis penelitian ini
adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada dasarnya merupakan upaya
mreningkatkan kualitas pendidikan khususnya dalam proses pembelajaran.
Instrumen penelitian ini adalah tes dan observasi dengan subjek penelitian
yaiitu kelas X SMK PAB 8 Sampali yang berjumlah 35 siswa, dan menjadi
objek penelitian ini adalah Model Pembelajaran Think pair Share Dengan
Menggunakan Media flip Chart pada pelajaran akuntansi hasil belajar siswa
setelagh menggunakan Model Pembelajaran Think Paire Share dengan
Menggunakan Media Flip Chart. Awal penelitian tingkat ketuntasan siswa
sebesar 28,6% sedangkan untuk siklus I siswa yang mencapai ketuntasan
berjumlah 27 orang (77,1%), dan yang tidak tuntas berjumlah 8 siswa
(22,9%), pada siklus II sudah mencapai KKM siswa yang tuntas berjumlah 33
siswa (91,6%) dan siswa yang tidak tuntas berjumlah 2 siswa (8,4%).
Kesimpulan yang tidak di peroleh adalah dari hasil observasi aktivitas belajar
siswa meningkat yang berakibat pada peningkatan hasil belajar akuntansi
siswa pada setiap siklusnya setelah menggunakan model pembelajaran Think
Pair Share.