Research Repository

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJAR IPAKELAS V DI SD NEGERI 040456 BERASTAGI

Show simple item record

dc.contributor.author CINDY SHINTIA, ANGGREINI
dc.date.accessioned 2024-11-12T09:23:44Z
dc.date.available 2024-11-12T09:23:44Z
dc.date.issued 2024-09-21
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26062
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SD Negeri 040456 Berastagi.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pengambilan sampel dengan teknik Simple Random Sampling karena semua populasi dalam penelitian ini dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas VA berjumlah 26 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB berjumlah 26 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu Model Pembelajaran talking Stick. sedangkan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan berganda dan dokumentasi. Pengujian akan dilakukan dengan menggunakan Uji Hipotesis Independent Sample Test, yang diawali dengan melakukan uji validitas dan reliabilitas pada soal yang akan diberikan kepada siswa, kemudian diuji kembali menggunakan uji normalitas dan homogenitas, untuk melihat apakah data yang diberikan pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan homogen atau tidak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai pre-test siswa sebelum diberi perlakuan dengan rata-rata nilai post-test siswa setelah diberikan perlakuan. Hasil ini juga didukung dengan dilakukannya Uji Hipotesis, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana lebih kecil atau kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Jika didefinisikan secara singkat maka terdapat pengaruh dalam penggunaan Model Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di SD Negeri 040456 Berastagi. en_US
dc.subject Talking Stick, en_US
dc.subject PembelajaranIPA,HasilBelajar. en_US
dc.title PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAPHASIL BELAJAR SISWA PADA PELAJAR IPAKELAS V DI SD NEGERI 040456 BERASTAGI en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account