Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Talking
Stick terhadap hasil belajar IPA pada siswa kelas V di SD Negeri 040456
Berastagi.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, pengambilan sampel
dengan teknik Simple Random Sampling karena semua populasi dalam penelitian
ini dijadikan sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu
kelas VA berjumlah 26 orang sebagai kelompok eksperimen dan kelas VB
berjumlah 26 orang sebagai kelompok kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari
variabel bebas yaitu Model Pembelajaran talking Stick. sedangkan variabel terikat
yaitu hasil belajar IPA. Teknik pengumpulan data menggunakan tes soal pilihan
berganda dan dokumentasi. Pengujian akan dilakukan dengan menggunakan Uji
Hipotesis Independent Sample Test, yang diawali dengan melakukan uji validitas
dan reliabilitas pada soal yang akan diberikan kepada siswa, kemudian diuji
kembali menggunakan uji normalitas dan homogenitas, untuk melihat apakah data
yang diberikan pada kelas eksperimen dan kontrol berdistribusi normal dan
homogen atau tidak. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan rata-rata nilai
pre-test siswa sebelum diberi perlakuan dengan rata-rata nilai post-test siswa
setelah diberikan perlakuan. Hasil ini juga didukung dengan dilakukannya Uji
Hipotesis, dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang mana lebih kecil atau
kurang dari 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Jika
didefinisikan secara singkat maka terdapat pengaruh dalam penggunaan Model
Pembelajaran Talking Stick terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran IPA di
SD Negeri 040456 Berastagi.