Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas X AK SMK Negeri 2 Blangkejeren di Kelas X SMK Akuntansi.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran aktif
terhadap hasil belajar akuntansi siswa pokok bahasan jurnal umum siswa kelas X
SMK Negeri 2 Blangkejeren Tahun Ajaran 2017/2018.
Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Blangkejeren yang beralamat di
Jalan Blangkejeren No. 115/53 B Blangkejeren. Populasi yang digunakan adalah
seluruh kelas X AK yang terdiri dari satu kelas yang berjumlah 30 orang. Teknik
pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling sehingga ditetapkan
sampel yang digunakan adalah seluruh kelas X AK yang berjumlah 30 orang
sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis
berbentuk uraian yang berjumlah 10 item yang terlebih dahulu diuji validitas dan
reliabilitasnya.
Dari hasil analisis data pre-test diperoleh mean 47,9 dan standar deviasi
7,07. Sedangkan untuk data post-test mean 85,1 dan standar deviasi 7,93.
Penelitian menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas data hasil
belajar dan menggunakan uji F untuk mengetahui homogenitas data. Pengujian
hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t dua pihak dengan dk = N-1 pada
α=0,05. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh thitung > ttabel yaitu 15,18 >1,699,
yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.
Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh metode pembelajaran aktif
terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 2 Blangkejeren Tahun
Ajaran 2017/2018