Research Repository

Pengaruh Metode Pembelajaran STEAM terhadap Kreativitas Peserta Didik Kelas IV Di SDN 104134 Medan Sinembah

Show simple item record

dc.contributor.author Davala, Muammar
dc.date.accessioned 2024-11-12T08:56:56Z
dc.date.available 2024-11-12T08:56:56Z
dc.date.issued 2024-10-18
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/26059
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Metode Pembelajaran STEAM terhadap Kreativitas Peserta Didik Kelas IV Di SDN 104134 Medan Sinembah. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test one group design”. Pada penelitian ini hanya menggunakan satu kelas eksperimen saja tanpa adanya kelas pembanding atau kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan Teknik Sampling Jenuh, Adapun variabel bebas (X) pada penelitian ini yaitu Metode Pembelajaran STEAM, sedangkan variabel terikat (Y) pada penelitian ini yaitu Kreativitas Peserta Didik. Uji yang dilakukan pada penelitian ini adalah Uji Validitas untuk melihat apakah instrumen valid alam penelitian ini menggunakan intrumen observasi, kemudian, untuk dapat melihat apakah terdapat pengaruh Metode Pembelajaran STEAM terhadap Kreativitas Peserta Didik peneliti menggunakan Uji Hipotesis Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan pada penggunaan Metode Pembelajaran STEAM terhadap Kreativitas Peserta Didik, Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perolehan peningkatan rata-rata nilai pre-test siswa sebelum diberi perlakuan dengan nilai 48,68%, dan dengan rata-rata nilai post-test siswa setelah diberikan perlakuan dengan nilai 56,74%. Hasil ini juga didukung dengan dilakukannya Uji Hipotesis, dengan nilai signifikansi sebesar <0,002 yang mana lebih kecil atau kurang dari 0,005. Hal ini menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jika diartikan secara singkat, maka dapat disimpulkan terdapat “Pengaruh Metode Pembelajaran STEAM terhadap Kreativitas Peserta Didik Kelas IV Di SDN 104134 Medan Sinembah” en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Metode STEAM en_US
dc.subject Kreativitas en_US
dc.title Pengaruh Metode Pembelajaran STEAM terhadap Kreativitas Peserta Didik Kelas IV Di SDN 104134 Medan Sinembah en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account