Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Metode
Pembelajaran STEAM terhadap Kreativitas Peserta Didik Kelas IV Di SDN 104134
Medan Sinembah. Jenis penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu
penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test dan post-test
one group design”. Pada penelitian ini hanya menggunakan satu kelas eksperimen
saja tanpa adanya kelas pembanding atau kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan
Teknik Sampling Jenuh, Adapun variabel bebas (X) pada penelitian ini yaitu Metode
Pembelajaran STEAM, sedangkan variabel terikat (Y) pada penelitian ini yaitu
Kreativitas Peserta Didik. Uji yang dilakukan pada penelitian ini adalah Uji Validitas
untuk melihat apakah instrumen valid alam penelitian ini menggunakan intrumen
observasi,
kemudian, untuk dapat melihat apakah terdapat pengaruh Metode
Pembelajaran STEAM terhadap Kreativitas Peserta Didik peneliti menggunakan Uji
Hipotesis Paired Sample T-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
pengaruh secara signifikan pada penggunaan Metode Pembelajaran STEAM terhadap
Kreativitas Peserta Didik, Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya perolehan
peningkatan rata-rata nilai pre-test siswa sebelum diberi perlakuan dengan nilai
48,68%, dan dengan rata-rata nilai post-test siswa setelah diberikan perlakuan dengan
nilai 56,74%. Hasil ini juga didukung dengan dilakukannya Uji Hipotesis, dengan
nilai signifikansi sebesar <0,002 yang mana lebih kecil atau kurang dari 0,005. Hal
ini menyatakan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Jika diartikan secara singkat,
maka dapat disimpulkan terdapat “Pengaruh Metode Pembelajaran STEAM
terhadap Kreativitas Peserta Didik Kelas IV Di SDN 104134 Medan Sinembah”