Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya Tingkat Analis siswa dan
Hasil Belajar siswa kelas X SMK Swasta Ira Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.”
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan metode
pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan kemampuan menganalisis
dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMK Swasta Ira Medan Tahun Pelajaran
2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Ira Medan Tahun Pembelajaran
2017/2018. semester genap. Subjek penelitian adalah siswa kelas X yang
berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam
penelitian ini menggunakan observasi.
Tes yang digunakan adalah Essay test. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan
secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan metode
pembelajaran Picture and Picture. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh hasil
belajar pada tes awal (pretest) dengan 16,67%% yang tuntas dengan nilai rata-rata
60,93.
Data postest siklus I dengan nilai rata-rata 68,33 hanya 46,67% siswa yang
memenuhi ketuntasan. Sedangkan data posttest II dengan rata-rata nilai hasil
belajar 80,17 dengan nilai ketuntasan 86,67%. Berarti ada peningkatan hasil
belajar siswa dari postest siklus I dan siklus II sebesar 40%. Hasil observasi yang
telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa 36,67% (siklus I
23,33% sedangkan siklus II 60%).
Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan berpikir analisis
siswa 20% (siklus I 33,33% sedangkan siklus II 53,33%). Dari perolehan hasil
belajar siswa dan lembar observasi, disimpulkan bahwa dengan menerapkan
metode Pembelajaran Picture and Picture pada materi tentang Dokumen/bukti
transaksi di kelas X SMK Swasta Ira Medan T.P 2017/2018 dapat meningkatkan
kemampuan menganalisis dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa metode
pembelajaran Picture and Picture dapat digunakan sebagai alternative dalam
pembelajaran akuntansi.