Research Repository

Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Model Make a Match Berbantuan Kartu Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK PAB Medan Estate

Show simple item record

dc.contributor.author Zulkarnain
dc.date.accessioned 2020-03-14T06:02:40Z
dc.date.available 2020-03-14T06:02:40Z
dc.date.issued 2018-03-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2604
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI SMK PAB Medan Estate dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match Berbantuan Kartu Soal. Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas XI SMK PAB Medan Estate. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB Medan Estate yang beralamat di jalan Mesjid No. 1 Medan Estate Percut Sei Tuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 156 orang siswa yang terdiri dari empat kelas. Untuk menentukan sampel peneliti menggunakan teknik purposive sampling sehingga diperoleh kelas X Akuntansi 1 yang berjumlah 40 siswa. Metode yang digunakan adalah kelas XI SMK PAB Medan Estate yang berjumlah 27 orang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-Test Post- Test design. Instrument yang digunakan adalah Tes tertulis berbentuk Essay Test yang berjumlah 5 Item. Dari hasil penelitian ini yang menjadi nilai rata-rata pre test pada kelas XI sebelum menggunakan model pembelajaran Make A Match dalam proses pembelajaran diproleh nilai rata-rata sebesar 54,44 dengan standart deviasi 12,50 dan nilai yang diproleh minimal 40 dan maksimal 70. Dari hasil penelitian di dapat nilai rata-rata post test pada kelas XI setelah digunakan model pembelajaran Make A Match didalam proses pembelajaran diproleh nilai rata-rata 76 debgan standart deviasi 10,02 dan nilai yang diproleh minimal 60 dan maksimal 100. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diproleh thitung = 3,897 pada taraf signifikan α = 0.05, dan ttabel = 2,04. Dengan demikian thitung > ttabel (3,897 > 1,669. Sehingga hipotesis yang diterima adalah Ha yang menyatakan ada pengaruh Model Pembelajaran Make A Macth Terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada kopetensi Mengelola kartu piutang kelas XI SMK PAB Medan Estate Tahun Pembelajaran 2017/2018. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Make A Match en_US
dc.subject Media Kartu Soal en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Model Make a Match Berbantuan Kartu Soal untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMK PAB Medan Estate en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account