Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil Belajar Akuntansi Siswa
Kelas XI SMK PAB Medan Estate dengan menggunakan model pembelajaran
Make a Match Berbantuan Kartu Soal. Masalah dalam penelitian ini adalah
rendahnya Hasil Belajar Akuntansi siswa kelas XI SMK PAB Medan Estate.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB Medan Estate yang beralamat di jalan
Mesjid No. 1 Medan Estate Percut Sei Tuan.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 1
Medan Tahun Pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 156 orang siswa yang terdiri
dari empat kelas. Untuk menentukan sampel peneliti menggunakan teknik
purposive sampling sehingga diperoleh kelas X Akuntansi 1 yang berjumlah 40
siswa.
Metode yang digunakan adalah kelas XI SMK PAB Medan Estate yang
berjumlah 27 orang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah total
sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pre-Test Post-
Test design. Instrument yang digunakan adalah Tes tertulis berbentuk Essay Test
yang berjumlah 5 Item.
Dari hasil penelitian ini yang menjadi nilai rata-rata pre test pada kelas XI
sebelum menggunakan model pembelajaran Make A Match dalam proses
pembelajaran diproleh nilai rata-rata sebesar 54,44 dengan standart deviasi 12,50
dan nilai yang diproleh minimal 40 dan maksimal 70.
Dari hasil penelitian di dapat nilai rata-rata post test pada kelas XI setelah
digunakan model pembelajaran Make A Match didalam proses pembelajaran
diproleh nilai rata-rata 76 debgan standart deviasi 10,02 dan nilai yang diproleh
minimal 60 dan maksimal 100. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis diproleh
thitung = 3,897 pada taraf signifikan α = 0.05, dan ttabel = 2,04. Dengan demikian
thitung > ttabel (3,897 > 1,669. Sehingga hipotesis yang diterima adalah Ha yang
menyatakan ada pengaruh Model Pembelajaran Make A Macth Terhadap Hasil
Belajar Akuntansi pada kopetensi Mengelola kartu piutang kelas XI SMK PAB
Medan Estate Tahun Pembelajaran 2017/2018.