Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas X Ak SMK Swasta Bandung 1. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)
Berbantu Kotak Kartu Misteri (KOMISI) & Keaktifan Siswa TerhadapHasil
Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Akuntansi SMK Swasta Bandung 1 Tahun
Pembelajaran 2016-2017.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Bandung 1 yang beralamat di
Jalan Pengabdian No. 72 Deli serdang. Populasi dalam penelitian ini adalah
seluruh siswa kelas XI SMK Swasta Bandung 1 T.P 2017/2018 yang berjumlah
25 orang siswa, sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas
kelas XI SMK Swasta Bandung 1 yang berjumlah 25 orang (total sampling).
Intrumen penelitan dengan menggunakan tes tertulis berbentuk uraian.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu
dengan menggunakan angket ( kuesioner ) dan tes. Adapun hasil dari penelitian
ini secara simultan yaitu f hitung = 95,665 dan f tabel = 3,44. Dengan demikian dapat
disimpulkan fhitung > ftabel atau 95,665 > 3,44. Dari hasil uji f tersebut, diperoleh
bahwa Hipotesis diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan Model
Teams Games Tournament berbantu Media Kotak Kartu Misteri dan Keaktifan
Terhadap Hasil Belajar siswa XI Akuntansi SMK Swasta Bandung 1 T.P
2017/2018.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Model
Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Media Kotak kartu
Misteri (KOMISI) dan Keaktifan Siswa Terhadap Hasil Belajar Akuntansi pada
indikator menghitung penyusutan aktiva tetap kelas XI Akuntansi SMK Swasta
Bandung 1 Tahun Pembelajaran 2017-2018.