Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang
signifikat pembelajaran dengan e-learning quipper school terhadap hasil belajar
akuntansi yang di moderatori oleh kemandirian pada siswa SMA YPK Medan
Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS 1
SMA YPK Medan Tahun Pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari dua kelas yang
berjumlah 66 orang. Sampel diambil secara total sampling, yaitu siswa kelas XII
IPS 1 yang berjumlah 33 siswa yang diajar dengan e-learning quipper school.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan
menggunakan tes dan angket (kuesioner).
Adapun hasil dari penelitian ini berdasarkan analisis uji regresi moderator,
adanya pengaruh quipper school terhadap hasil belajar adalah signifikan (Sig
0,025<0,05). Adanya pengaruh kemandirian terhadap hasil belajar adalah
signifikan (Sig 0,021<0,05). Adanya pengaruh quipper school terhadap hasil
belajar dimoderasi oleh kemandirian (Sig 0,020<0,05). Berdasarkan hasil
hipotesis secara persial (uji t) Quipper School terhadap Hasil Belajar thitung > ttabel
(3,606>1,70), dengan kategori Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil
hipotesis secara persial (uji t) Kemandirian terhadap Hasil Belajar thitung > ttabel
(8,593 > 1,70 ),dengan kategori Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil
hipotesis secara persial (uji t) Quipper School terhadap Hasil Belajar yang
dimoderasi oleh Kemandirian nilai thitung > ttabel (5,976 > 1,70 ) dengan kategori ha
diterima dan Ho ditolak. Hipotesis diterima artinya terdapat pengaruh signifikan
pemanfaatan e-learning quipper school terhadap hasil belajar akuntansi yang
dimoderatori oleh kemandirian siswa SMA YPK Medan Tahun Pelajaran
2017/2018 sebesar sig 0,020<0,05.