Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh model
pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap hasil belajar siswa
akuntansi di kelas XI- IPS SMA Gajah Mada Medan pada marteri pembelajaran
jurnal umum.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA GAJAH MADA Medan yang beralamat di
jalan HM. Said, No. 19 kelurahan Glugur, Kec. Medan Timur, Provinsi Sumatera
Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI- IPS yang berjumlah 24
orang dengan rincian laki-laki berjumlah 12 orang siswa dan perempuan 12 orang
siswa. Teknik pengumpulan Sample yang digunakan adalah Total Sampling.
Instrumen yang dugunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes tertulis ini
berbentuk essay test berjumlah 10 soal yang sudah lebih dulu diuji validitas dan
reliabilitasnya.
Berdasarkan uji hipotesis, diperoleh thitung sebesar 10,543, data ini kemudian
dikonsultasikan dengan taraf signifikansi 0,05 (5%) dengan derajat kebebasan (dk
= N – 2 yaitu 24 – 2 = 22) maka di peroleh ttabel sebesar 1,72. Karena t hitung ≥ ttabel
yaitu ( 10,543 ≥ 1,72) maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian
kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh penggunaan model
pembelajaran Giving Question and Getting Answer terhadap hasil belajar
akuntansi pada materi pembelajaran jurnal umum di kelas XI-IPS SMA Gajah
Mada Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.