Research Repository

PENGARUH METODE CULTURAL RESPONSIVE TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 01 MEDAN

Show simple item record

dc.contributor.author WIDYA, SABELLA
dc.date.accessioned 2024-11-07T04:26:38Z
dc.date.available 2024-11-07T04:26:38Z
dc.date.issued 2024-10-18
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25919
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan dalam kegiatan belajar siswa, yaitu metode pembelajaran belum bervariasi karena masih didominasi dengan metode ceramah yang berpusat pada guru sehingga menimbulkan rasa bosan atau jenuh pada siswa dan kemampuan berpikir kritis siswa selama kegiatan pembelajaran IPAS masih terhitung rendah. Rumusan masalah yang terdapat pada skripsi ini yaitu adakah pengaruh metode Cultural Responsive Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh signifikan pada penerapan metode Cultural Responsive Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medan. Pada penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Adapun yang menjadi populasi dan sampel pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medan yang berjumlah 53 orang siswa. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu angket minat belajar siswa yang berjumlah 15 item yang sudah diuji validitas. Berdasarkan hasil yang diperoleh dikelas kontrol diperoleh hasil rata-rata sebesar 64,77 dan rata-rata di kelas eksperimen sebesar 82,96 dengan menggunakan media pembelajaran praktikum. Dilihat dari hasil output “Independent Samples Test” diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa adanya pengaruh metode Cultural Responsive Teaching terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medan en_US
dc.subject Cultural Responsive Teaching en_US
dc.subject Kemampuan Berpikir Kritis en_US
dc.title PENGARUH METODE CULTURAL RESPONSIVE TEACHING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 01 MEDAN en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account