Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa
saat menggunaan Media Pembelajaran Powerpoint Dengan Pola Belajar Tipe Verbal
Association (asosiasi verbal) Kelas X SMK Swasta YWKA Medan. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas X SMK Swasta YWKA Medan dengan jumlah siswa 25 orang siswa
sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah penggunaan Media Powerpoint
dengan Pola Belajar Tipe assosisi verbal dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Akuntansi Kelas X Swasta YWKA Medan Tahun Pelajaran 2017/2018. Instrumen
penelitian ini adalah tes dan observasi.Adapun yang menjadi hasil penelitian ini adalah
hasil belajar siswa pada tes Siklus I 10 siswa (40%) yang mencapai ketuntasan
sedangkan pada siklus II terdapat 21 siswa (84%) yang mencapai ketuntasan. Hal ini
menunjukkan peningkatan dari tes siklus I ke tes siklus II sebesar 44%, sehingga dapat
disimpulkan bahwa melalui media pembelajaran powerpoint dapat meningkatkan hasil
belajar siswa kelas X Akuntansi di SMK Swasta Negeri 13 Medan Tahun 2017/2018.