Research Repository

Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Melalui Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Team Quiz

Show simple item record

dc.contributor.author Asih, Kurnia Sari
dc.date.accessioned 2020-03-12T05:22:19Z
dc.date.available 2020-03-12T05:22:19Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2590
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Team Quiz di kelas XI IPS SMA Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018, dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa antar siklus dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learing dan Team Quiz. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Hidayah yang beralamat Jl. Letda Sudjono No 04 Bandar Selamat Medan Tembung Kota Medan Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 28 orang dan objek penelitian ini adalah penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Team Qiuz untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data penelitian ini menggunakan objectif test dan lembar observasi aktivitas. teknik analisis data terdiri dari data kualitatif fan kuantitatif. Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 39,29% siswa memenuhi ketuntasan dengan nilai rata-rata 67,03, akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 70%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus II diperoleh hasil belajar yaitu 78,58% siswa memehuni ketuntasan dengan nilai rata-rata 80,10 yang berarti telah mencapai indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti di siklus II. Begitu juga lembar observasi aktivitas siswa menjunjukkan adanya peningkatan aktivitas belajar siswa darik siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh hasil 14,22% siswa masuk dalam katagori aktif dan siklus II diperoleh hasil 60,75% siswa masuk dalam katagori aktif. Dengan demikian adapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Team Quiz pada materi memposting jurnal ke buku besar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 en_US
dc.subject Aktivitas Belajar en_US
dc.subject Team Quiz en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Model Pembelajaran Problem Based Learning en_US
dc.title Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Melalui Kolaborasi Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Team Quiz en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account