Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “Rendahnya aktivitas dan hasil belajar pada
mata pelajaran akuntansi”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui aktivitas dan hasil
belajar akuntansi dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Based
Learning dan Team Quiz di kelas XI IPS SMA Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran
2017/2018, dan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa
antar siklus dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learing dan
Team Quiz.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Al-Hidayah yang beralamat Jl. Letda Sudjono No
04 Bandar Selamat Medan Tembung Kota Medan Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian
ini adalah siswa kelas XI IPS yang berjumlah 28 orang dan objek penelitian ini adalah
penerapan kolaborasi model pembelajaran Problem Based Learning dan Team Qiuz untuk
meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini merupakan penelitian
tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap
perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan untuk
pengumpulan data penelitian ini menggunakan objectif test dan lembar observasi aktivitas.
teknik analisis data terdiri dari data kualitatif fan kuantitatif.
Berdasarkan hasil analisis pada siklus I diperoleh hasil belajar yaitu 39,29% siswa memenuhi
ketuntasan dengan nilai rata-rata 67,03, akan tetapi belum mencapai indikator keberhasilan
yaitu 70%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Hasil yang diperoleh di siklus
II diperoleh hasil belajar yaitu 78,58% siswa memehuni ketuntasan dengan nilai rata-rata
80,10 yang berarti telah mencapai indikator keberhasilan sehingga penelitian berhenti di
siklus II. Begitu juga lembar observasi aktivitas siswa menjunjukkan adanya peningkatan
aktivitas belajar siswa darik siklus I ke siklus II. Pada siklus I diperoleh hasil 14,22% siswa
masuk dalam katagori aktif dan siklus II diperoleh hasil 60,75% siswa masuk dalam katagori
aktif.
Dengan demikian adapat disimpulkan bahwa melalui penerapan kolaborasi model
pembelajaran Problem Based Learning dan Team Quiz pada materi memposting jurnal ke
buku besar dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI IPS SMA
Al-Hidayah Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018