Research Repository

Upaya Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Guided Teaching dengan Team Quiz untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar

Show simple item record

dc.contributor.author Masyita
dc.date.accessioned 2020-03-12T05:10:41Z
dc.date.available 2020-03-12T05:10:41Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2587
dc.description.abstract Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya Aktivitas dan Hasil Belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan.” Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Guided Teaching dengan Team Quiz dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMA Muhammadiyah 1 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 semester genap. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI yang berjumlah 39 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpul datadalam penelitian ini menggunakan observasi. Tes yang digunakan adalah Essay test. Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar mengajar dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Guided Teaching dengan Team Quiz. Berdasarkan hasil analisa data diperoleh hasil belajar pada tes awal (pretest) dengan 17,94% yang tuntas dengan nilai rata-rata 55,64. Data postest siklus I dengan nilai rata-rata 65,76 hanya 43,58% siswa yang memenuhi ketuntasan. Sedangkan data posttest II dengan rata-rata nilai hasil belajar 82,94 dengan nilai ketuntasan 82,05%. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postest siklus I dan siklus II sebesar 38,46%. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas siswa 39,84% (siklus I 61,84% sedangkan siklus II 89,74%) disimpulkan bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Guided Teaching dengan Team Quiz pada materi buku besar di kelas XI-IPS SMA Muhammadiyah 1 Medan, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini berarti bahwa kolaborasi metode pembelajaran Guided Teaching dengan Team Quiz dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran akuntansi. en_US
dc.subject Aktivitas en_US
dc.subject Team Quiz en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Kolaborasi Model Pembelajaran Guided Teaching en_US
dc.title Upaya Penerapan Kolaborasi Model Pembelajaran Guided Teaching dengan Team Quiz untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account