Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya Aktivitas dan Hasil
Belajar siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Medan.” Tujuan Penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi dengan
menerapkan kolaborasi model pembelajaran Guided Teaching dengan Team Quiz
dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X SMA
Muhammadiyah 1 Medan.
Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah 1 Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018 semester genap. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI
yang berjumlah 39 orang. Teknik yang digunakan untuk mengumpul datadalam
penelitian ini menggunakan observasi. Tes yang digunakan adalah Essay test.
Observasi aktivitas belajar siswa dilakukan secara langsung pada saat proses belajar
mengajar dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Guided Teaching
dengan Team Quiz.
Berdasarkan hasil analisa data diperoleh hasil belajar pada tes awal (pretest)
dengan 17,94% yang tuntas dengan nilai rata-rata 55,64. Data postest siklus I dengan
nilai rata-rata 65,76 hanya 43,58% siswa yang memenuhi ketuntasan. Sedangkan data
posttest II dengan rata-rata nilai hasil belajar 82,94 dengan nilai ketuntasan 82,05%.
Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postest siklus I dan siklus II sebesar
38,46%. Hasil observasi yang telah dilakukan menunjukkan peningkatan aktivitas
siswa 39,84% (siklus I 61,84% sedangkan siklus II 89,74%)
disimpulkan bahwa dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran
Guided Teaching dengan Team Quiz pada materi buku besar di kelas XI-IPS SMA
Muhammadiyah 1 Medan, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal
ini berarti bahwa kolaborasi metode pembelajaran Guided Teaching dengan Team
Quiz dapat digunakan sebagai alternative dalam pembelajaran akuntansi.