Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh hasil belajar siswa
kelas X Akuntansi SMK Taman Siswa Medan pada pokok bahasan Memposting
transaksi ke Buku Besar. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Taman Siswa
Medan pada tahun pembelajaran 2017/2018. Yang menjadi Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Taman Siswa Medan yang
berjumlah 30 orang Siswa. Teknik pengambillan sampel yang dilakukan adalah
total sampling dimana sampelnya seluruh siswa yang berjumlah 30 siswa. Teknik
pengumpulan data penelitian yang digunakan adalah tes tertulis yang berbentuk
essay test yang berjumlah 10 soal yang sudah di validkan. Teknik analis data yang
digunakan dalam pnelitian yaitu analisis statistik inferensial yang menggunakan
parametris yang terdiri dari menghitung rata-rata dan standart deviasi, uji
normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.Hasil penelitian menunjukkan
bahwa hasil belajar siswa yang diajardengan Discovery Learningdengan
pendekatan saintifik lebih tinggi daripada hasil belajar siswa yang diajar dengan
metode konvensional. nilai rata-rata pre test siswa adalah 60,33 dengan Standart
Deviasinya 504,005 . Sedangkan nilai rata-rata post test siswa adalah 84,83
dengan Standart Deviasinya 477,932.dan dalam uji Hipotesis menunjukan ttabel
1,699, dan bila konsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikasi 0,05
dengan dk = N - 1 = 29 maka ttabel = 1,699. Dengan membandingkan antara
thitung dengan ttabel maka diperoleh ( 5,257 > 1,699 ), sehingga Ho di tolak dan
Ha diterima. Sehingga kesimpulannya adalah “Ada Pengaruh Model Pembelajaran
Discovery LearningDengan Pendekatan SaintifikTerhadap Hasil Belajar
Akuntansi Pada Siswa SMK TAMAN SISWA Medan T.P 2017/2018