Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Dengan Bantuan Media Akuntapoli (Akuntansi Monopoli) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa

Show simple item record

dc.contributor.author Nurhalida
dc.date.accessioned 2020-03-12T05:01:47Z
dc.date.available 2020-03-12T05:01:47Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2583
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI SMA PAB 4 Sampali . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran artikulasi dengan bantuan media akuntapoli (akuntansi monopoli) terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum. Siswa kelas XI SMA PAB 4 Sampali Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas XI yang berjumlah 40 orang sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes tertulis yang berbentuk lembar kerja siswa yang terdiri dari 15 item angket dan 9 item pre test, 9 item post test yang terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya. Dari hasil analisis pada angket model pembelajaran diperoleh skor setelah menggunakan model pembelajaran artikulasi dengan bantuan media akuntapoli (akuntansi monopoli) nilai rata – rata 34,225 dan standar deviasi 10,98. Pre test diperoleh nilai rata-rata 71, dan standar deviasi 10,16. Sedangkan post test nilai rata-rata 85 dan standar deviasi 11,96 dalam pengujian hipotesis diperoleh thitung 14,989 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,05, dengan db = N – 1 = 39 maka ttabel = 1,685 dengan demikian thitung > ttabel (14,989 > 1,685), sehingga kesimpulannya adalah : “Ada peningkatan hasil belajar siswa di kelas XI SMA PAB 4 Sampali setelah menggunakan model pembelajaran artikulasi dengan bantuan media akuntapoli (akuntansi monopoli) tahun pelajaran 2017/2018.” en_US
dc.subject Model Pembelajaran Artikulasi en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Bantuan Media Akuntapoli (Akuntansi Monopoli) en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Artikulasi Dengan Bantuan Media Akuntapoli (Akuntansi Monopoli) Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account