Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI
SMA PAB 4 Sampali . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran artikulasi dengan bantuan media akuntapoli (akuntansi monopoli)
terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar mencatat
transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum. Siswa kelas XI SMA PAB 4 Sampali
Tahun Pelajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Tehnik pengambilan
sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling sehingga ditetapkan sampel
yang digunakan adalah kelas XI yang berjumlah 40 orang sebagai sampel penelitian.
Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes tertulis yang berbentuk
lembar kerja siswa yang terdiri dari 15 item angket dan 9 item pre test, 9 item post
test yang terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya.
Dari hasil analisis pada angket model pembelajaran diperoleh skor setelah
menggunakan model pembelajaran artikulasi dengan bantuan media akuntapoli
(akuntansi monopoli) nilai rata – rata 34,225 dan standar deviasi 10,98. Pre test
diperoleh nilai rata-rata 71, dan standar deviasi 10,16. Sedangkan post test nilai
rata-rata 85 dan standar deviasi 11,96 dalam pengujian hipotesis diperoleh thitung
14,989 dan bila dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,05,
dengan db = N – 1 = 39 maka ttabel = 1,685 dengan demikian thitung > ttabel (14,989 >
1,685), sehingga kesimpulannya adalah : “Ada peningkatan hasil belajar siswa di
kelas XI SMA PAB 4 Sampali setelah menggunakan model pembelajaran artikulasi
dengan bantuan media akuntapoli (akuntansi monopoli) tahun pelajaran 2017/2018.”