Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa
kelas X AK SMK Sinar Husni Helvetia Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh Model Pembelajaran kooperative tipe Numbered Head
Together (NHT) terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar
mencatat transaksi kedalam jurnal umum kelas X AK SMK Sinar Husni Helvetia
Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Sinar Husni Helvetia Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018 dengan populasi yang digunakan seluruh kelas X AK1
yang terdiri dari satu kelas dengan jumlah siswa 38. Dimana penelitian ini
dilakukan dengan menggunakan satu kelas. Teknik pengambilan sampel yang
digunakan dalam penelitian ini adalah Nonprobability Sampling dengan jenis
kelas yang terdiri dari satu kelas atau total sampling. Instrument penelitian yang
digunakan adalah tes, yang terlebih dahulu diuji validitas dan reliabilitasnya.
Dari analisis data Pre-Tes dan Post Tes diperoleh mean Pre-Tes 67,9 dan
standart deviasi 44,8. Sedangkan untuk data Post-Test diperoleh mean 77,7 dan
standart deviasi 125,6. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk mengetahui
normalitas data hasil belajar dan uji F untuk mengetahui homogenitas data.
Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji t student dengan dk = n-1
pada α = 0.05. Dan data perhitungan hipotesis diperoleh bahwa t hitung (5,43) >
ttabel (1,711), yang artinya Ha diterima dan Ho ditolak.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan
Model Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) terhadap
hasil belajar siswa kelas X Akuntansi SMK Sinar Husni Helvetia Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018.