Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI
IPS PAB 4 Sampali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar akuntansi siswa pada
kompetensi dasar mencatat transaksi / dokumen ke dalam bukti transaksi. Siswa
kelas XI IPS PAB 4 Sampali Tahun Pelajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 40 orang. Tehnik pengambilan
sampel yang digunakan adalah Pusposive Sampling sehingga ditetapkan sampel
yang digunakan adalah kelas XI IPS yang berjumlah 40 orang sebagai sampel
penelitian. Instrument penelitian yang digunakan adalah tes tertulis berbentuk
lembar kerja siswa yang terdiri dari pre test 9 item dan 9 item post test yang
terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya.
Dari hasil analisis data pre test diperoleh nilai rata-rata 71,125, dan standar
deviasi 9,90. Sedangkan untuk data post test nilai rata-rata 83 dan standar deviasi
11,31. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan thitung 14,94 dan bila
dikonsultasikan dengan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,05, dengan db = N –
1 = 39 maka ttabel = 1,685. Dengan membandingkan antara thitung dengan ttabel
diperoleh (14,94>1,685), sehingga Ha ditolak dan Ho diterima, sehingga
kesimpulannya adalah “ada pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching
Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi kelas XI
IPS Di SMA PAB 4 Sampali