Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan membaca pada siswa
kelas III SD Muhammadiyah 25 Medan sebelum dan sesudah menggunakan
media Big Book 3D dan juga untuk mengetahui Pengaruh Media Big Book 3D
terhadap Keterampilan Membaca Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 25 Medan.
jenis penelitian ini adalah Kuantitatif dengan Populasi penelitian adalah seluruh
kelas III SD Muhammadiyah 25 Medan yang berjumlah 20 siswa. Teknik
pengambilan Sampel yaitu Total Sampling yang dimana seluruh anggota populasi
digunakan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitin ini
menggunakan lembar observasi. Berdasarkan Hasil nilai rata-rata yang diperoleh
kelas pre-test adalah 41,50 sedangkan hasil nilai rata-rata yang diperoleh kelas
post-test adalah 96,75. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil perhitungan
hipotesis menggunakan uji Paired Samples T-Test diperoleh hasil bahwa nilai sig.
(2-tailed) adalah 0,000 < 0,05, sehingga dapat dikatakan bahwa Ha diterima dan
Ho ditolak. Hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest dengan demikian dapat
dinyatakan terdapat pengaruh antara penggunaan media Big Book 3D terhadap
keterampilan membaca siswa kelas III SD Muhammadiyah 25 Medan.