Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada peningkatan hasil belajar
siswa melalui model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) di
kelas XII SMK Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2017/2018 pada materi
laporan harga pokok produksi.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII akuntansi yang
berjumlah 39 orang siswa. Sedangkan yang menjadi objek penelitian ini adalah
model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) dalam meningkatkan
kemampuan kognitif dan hasil belajar akuntansi siswa pada materi laporan harga
pokok produksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan lembar
observasi.
Adapun yang menjadi hasil dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa
pada siklus I diperoleh sebanyak 17 siswa (43,59%) yang mencapai ketuntasan
dan yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 22 siswa (56,41%). Sedangkan
untuk hasil belajar pada siklus II diperoleh sebanyak 32 siswa (82,05%) yang
mencapai ketuntasan dan yang belum mencapai ketuntasan sebanyak 7 siswa
(17,95%). Berdasarkan hasil siklus II diketahui bahwa kemampuan kognitif dan
hasil belajar siswa telah meningkat dan berhasil.