Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keaktifan dan hasil belajar
Akuntansi setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif Team Assisted
Individualization (TAI) pada siswa kelas X Ak tahun pelajaran 2017/2018.
Penelitian dilaksanakan di SMK IRA Medan yang beralamatkan di Jl. Pertiwi
No.111/53B kl. Bantan, kec. Medan Tembung. Jenis penelitian ini adalah PTK
yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan,
tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas
X Ak di SMK IRA Medan, yang berjumlah 30 orang. Objek penelitian ini adalah
peningkatan keaktifan dan hasil belajar Akuntansi. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes dan observasi. Tes adalah alat atau prosedur yang digunakan
dalam rangka pengukuran dan penilaian. Tes yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes tertulis yang diberikan kepada siswa yang berisi 10 soal (essay).
Observasi yang dilakukan adalah observasi aktivitas siswa yang digunakan untuk
mengumpulkan data siswa dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hasil tes,
pada siklus I rata-rata persentase hasil belajar Akuntansi siswa sebesar 46.67%
(kriteria rendah). Pada siklus II rata-rata persentase hasil belajar Akuntansi siswa
mengalami peningkatan menjadi 86.67% (kriteria tinggi). Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran kooperatif
Team Assisted Individualization (TAI) dalam meningkatkan keaktifan dan hasil
belajar siswa akuntansi kelas X SMK IRA Medan tahun pelajaran 2017/2018