Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa akuntansi kelas
XI SMK YPK Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya
peningkatan hasil belajar siswa melalui strategi pembelajaran Reward and
Punishment pada siswa SMK YPK Medan. Untuk mengetahui apakah ada
peningkatan hasil belajar pada siswa akuntansi kelas XI SMK YPK Medan Tahun
Ajaran 2017/2018 dengan menggunakan strategi pembelajaran Reward and
Punishment. Penelitian dilaksanakan di SMK YPK Medan yang beralamatkan di
Jl.Sakti Lubis Gg.Pegawai No.8 Medan. Subjek yang digunakan adalah seluruh
kelas XI AK yang terdiri dari 2 kelas yaitu AK 1 dan AK 2 yang berjumlah 58
orang. Objek penelitian ini adalah hasil belajar akuntansi dengan strategi
pembelajaran Reward and Punishment. Instrument penelitian yang digunakan
adalah tes (Pre test) dan observasi. Tes adalah alat atau prosedur yang digunakan
dalam rangka pengukuran dan penilaian. Tes yang digunakan dalam penelitian ini
adalah tes tertulis yang diberikan kepada siswa yang berisi 15 soal terdiri dari soal
subjektif 7 soal dan objektif 8 soal. Observasi yang dilakukan adalah observasi
aktifitas siswa yang digunakan untuk mengumpulkan data siswa dalam proses
belajar mengajar. berdasarkan hasil tes pada siklus 1 rata-rata persentase hasil
belajar akuntansi di kelas XI AK 1 sebesar 57,58% (kriteria rendah), di kelas XI
AK 2 48% (kriteria rendah). Pada siklus II mengalami peningkatan yaitu di kelas
XI AK 1 81% (kriteria tinggi), dan dikelas XI AK 2 80% (kriteria tinggi). “ada
peningkatan hasil belajar siswa akuntansi pada materi jurnal khusu dengan
menggunakan strategi pembelajaran Reward and Punishment (study kasus kelas XI
AK SMK YPK Medan Tahun Pelajaran 2017/2018).