Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Di SD Muhammadiyah 19 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Sartika, Selly Dinda
dc.date.accessioned 2024-11-01T08:11:21Z
dc.date.available 2024-11-01T08:11:21Z
dc.date.issued 2024-10-12
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25715
dc.description.abstract Pembelajaran IPA di sekolah dasar bukan hanya sekedar bertujuan agar siswa memiliki pemahaman tentang alam semesta saja, melainkan melalui pendidikan IPA siswa juga diharapkan memiliki kemampuan mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen dan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen desain eksperimen yng diguanakan Nonequevalent Group Desain. Adapun yang menjadi populasi dalam penelitian ini menggunakan 1 sekolah SD Muhammadiyah 19 Medan dengan kelas yaitu siswa kelas V-A yang berjumlah 24 siswa dan kelas V-B yang berjumlah 23 siswa, jadi populasi dalam penelitian ini berjumlah 47 siswa. Sampel ini digunakan apabila populasi relatif kecil yaitu tidak lebih dari 30 orang, dan total sampling disebut juga sensus yang dimana semua anggota populasi dijadikan sebagai sampel. Berdasarkan hasil pretest pada kelas eksperimen yang dilakukan sebelum diberikannya perlakukan dengan jumlah siswa sebanyak 24 siswa memproleh nilai rata-rata 65,88 kemudian setelah diberikannya perlakuan dengan menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) perlakuan siswa memproleh nilai Post test dengan rata-rata 78,20. Pada kelas kontrol yang berjumlah 23 siswa memproleh hasil pretest dengan nilai rata-rata 63,78 tanpa menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH). Hal ini menunjukkan siswa yang diberikan perlakuan dengan menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) dalam pembelajaran IPA memiliki nilai rata-rata yaitu 65,56 dibandingkan dengan siswa yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH). Penggunaan Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini ditunjukkan pada hasil analisis uji t (independent t-test) didapatkan nilai thitung 4,926 > ttabel 1,729 maka didapatkan nilai yang signifikan. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) en_US
dc.subject Hasil Belajar IPA en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Course Review Horay (CRH) Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V Di SD Muhammadiyah 19 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account