Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Akuntansi
siswa dengan menerapkan Model Pembelajaran Student Temas Achievement
Division (STAD) dengan menggunakan media berbasis Edmodo untuk
meningkatkan hsail belajar akuntansi siswa pada SMK BM Harapan Mekar Medan.
Jenis penelitian inia adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus
terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi/evaluasi dan refleksi. Subjek
penelitian ini adalah siswa kelas XI Ak di SMK BM Harapan Mekar Medan, yang
berjumlah 32 orang siswa. objek penelitian ini adalah peningkatan hasil belajar
akuntansi. Pengumpulan data dilakukan dengah metode tes. Data dianalisis dengan
teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan
persentase hasil belajar akuntansi pada siswa kelas XI Ak di SMK BM Harapan
Mekar Medan. Berdasarkan hasil tes, pada siklus I rata- rata persentasehasil belajar
tuntas akuntasni siswa sebesar 46,87%(kriteria rendah). Pada siklus II rata- rata
persentase hasil belajar akuntansi siswa mengalami peningkatan menjadi 78,12%
(kriteria tinggi). Berdasarkan hasil penelitian tresebut dapat disimpulkan penerapan
model STAD dengan menggunakan media berbasis edmodo dalam meningkatkan
hasil belajar siswa akuntansi kelas XI SMK BM Harapan Mekar Medan Tahun
Pembelajaran 2017/2018.