Research Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di SMK PAB 8 Sampali

Show simple item record

dc.contributor.author Simamora, Desi Ratnasari
dc.date.accessioned 2020-03-12T04:12:36Z
dc.date.available 2020-03-12T04:12:36Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2569
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI Ak SMK PAB 8 Sampali . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Mind Mapping terhadap minat dan hasil belajar akuntansi siswa pada kompetensi dasar menyiapkan jurnal / ke dalam jurnal khusus. Siswa kelas XI SMK PAB 8 Sampali Tahun Pelajaran 2017/2018. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 38 orang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling sehingga ditetapkan sampel yang digunakan adalah kelas XI Ak yang berjumlah 38 orang sebagai sampel penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes tertulis yang berbentuk lembar kerja siswa yang terdiri dari 18 item angket dan 9 item pre test, 9 item post test yang terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya. Dari hasil analisis minat belajar diperoleh skor sebelum menggunakan model pembelajaran Mind Mapping 56,18 dan standar deviasi 8,19, sedangkan setelah menggunakan model pembelajaran Mind Mapping diperoleh skor 59,55 dan standar deviasi 8,24. Kemudian hasil belajar dari pre test diperoleh nilai rata – rata 71,05 dan standar deviasi 10,28, sedangkan hasil belajar dari post test diperoleh nilai rata – rata 85,39 dan standar deviasi 12,54. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan minat belajar diperoleh thitung 7,71 dan nilai tabel “t” pada taraf signifikan 0,005, dengan db = N – 1 = 37 = 1,687 dengan demikian thitung > ttabel ( 7,71 > 1,687 ), maka ada peningkatan minat belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Mind Mapping. Selanjutnya uji hipotesis kedua ( hasil belajar ) diperoleh thitung 12,80 dan ttabel = 1,687, dengan demikian thitung > ttabel ( 12,80 > 1,687 ), maka ada peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah penerapan model pembelajaran Mind Mapping. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Mind Mapping en_US
dc.subject Minat en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.title Pengaruh Model Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa di SMK PAB 8 Sampali en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account