Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa kelas XI
Ak SMK PAB 8 Sampali . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
model pembelajaran Mind Mapping terhadap minat dan hasil belajar akuntansi
siswa pada kompetensi dasar menyiapkan jurnal / ke dalam jurnal khusus. Siswa
kelas XI SMK PAB 8 Sampali Tahun Pelajaran 2017/2018.
Populasi dalam penelitian ini berjumlah 38 orang. Tehnik pengambilan
sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling sehingga ditetapkan sampel
yang digunakan adalah kelas XI Ak yang berjumlah 38 orang sebagai sampel
penelitian. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket dan tes tertulis
yang berbentuk lembar kerja siswa yang terdiri dari 18 item angket dan 9 item pre
test, 9 item post test yang terlebih dahulu diuji validitas dan reabilitasnya.
Dari hasil analisis minat belajar diperoleh skor sebelum menggunakan
model pembelajaran Mind Mapping 56,18 dan standar deviasi 8,19, sedangkan
setelah menggunakan model pembelajaran Mind Mapping diperoleh skor 59,55
dan standar deviasi 8,24. Kemudian hasil belajar dari pre test diperoleh nilai rata –
rata 71,05 dan standar deviasi 10,28, sedangkan hasil belajar dari post test
diperoleh nilai rata – rata 85,39 dan standar deviasi 12,54. Hasil pengujian
hipotesis menunjukkan minat belajar diperoleh thitung 7,71 dan nilai tabel “t” pada
taraf signifikan 0,005, dengan db = N – 1 = 37 = 1,687 dengan demikian thitung >
ttabel ( 7,71 > 1,687 ), maka ada peningkatan minat belajar sebelum dan sesudah
penerapan model pembelajaran Mind Mapping. Selanjutnya uji hipotesis kedua
( hasil belajar ) diperoleh thitung 12,80 dan ttabel = 1,687, dengan demikian thitung >
ttabel ( 12,80 > 1,687 ), maka ada peningkatan hasil belajar sebelum dan sesudah
penerapan model pembelajaran Mind Mapping.