Research Repository

PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORABERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 104302 CEMPEDAK LOBANG

Show simple item record

dc.contributor.author NOVIANTI, DWINTA
dc.date.accessioned 2024-10-30T02:41:17Z
dc.date.available 2024-10-30T02:41:17Z
dc.date.issued 2024-08-27
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25681
dc.description.abstract Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan mengenai kurangnya motivasi belajar siswa, guru yang kurang menggunakan variasi metode pembelajaran dan media pembelajaran dan hanya beberapa siswa saja yang memperhatikan guru pada saat menjelaskan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dengan menggunakan metode pembelajaran Course Review Horay berbantuan media gambar terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran IPAS kelas IV SD negeri 104302 Cempedak Lobang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa Perempuan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling yaitu jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode pembelajaran Course Review Horay dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa. Pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan Independet Sample T-test. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dengan menggunakan uji Independent Sample T-test mendapatkan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berarti nilai hasil signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima berarti mendapatkan pengaruh signifikan metode pembelajaran Course Review Horay terhadap motivasi belajar siswa dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Metode Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 104302 Cempedak Lobang. en_US
dc.publisher umsu en_US
dc.subject Metode Pembelajaran Course Review Horay en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial en_US
dc.title PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORABERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 104302 CEMPEDAK LOBANG en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account