dc.description.abstract |
Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan mengenai kurangnya motivasi
belajar siswa, guru yang kurang menggunakan variasi metode pembelajaran dan
media pembelajaran dan hanya beberapa siswa saja yang memperhatikan guru pada
saat menjelaskan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya
pengaruh dengan menggunakan metode pembelajaran Course Review Horay
berbantuan media gambar terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran IPAS
kelas IV SD negeri 104302 Cempedak Lobang. Adapun jenis penelitian ini adalah
penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa yang
terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa Perempuan. Teknik pengambilan sampel
dilakukan dengan menggunakan sampling yaitu jenuh dimana semua anggota
populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrument yang digunakan pada
penelitian ini adalah lembar observasi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah
metode pembelajaran Course Review Horay dan variabel terikat dalam penelitian
ini adalah motivasi belajar siswa. Pengujian hipotesis yang dilakukan dalam
penelitian ini dengan menggunakan Independet Sample T-test. Berdasarkan hasil
dari penelitian tersebut dengan menggunakan uji Independent Sample T-test
mendapatkan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berarti nilai hasil signifikansi
sebesar 0,000 < 0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima berarti
mendapatkan pengaruh signifikan metode pembelajaran Course Review Horay
terhadap motivasi belajar siswa dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa
terdapat pengaruh Metode Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media
Gambar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri
104302 Cempedak Lobang. |
en_US |