Please use this identifier to cite or link to this item:
http://localhost:8080/handle/123456789/25681
Title: | PENGARUH METODE PEMBELAJARAN COURSE REVIEW HORABERBANTUAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA PELAJARAN IPAS KELAS IV SD NEGERI 104302 CEMPEDAK LOBANG |
Authors: | NOVIANTI, DWINTA |
Keywords: | Metode Pembelajaran Course Review Horay;Motivasi Belajar;Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial |
Issue Date: | 27-Aug-2024 |
Publisher: | umsu |
Abstract: | Penelitian ini dilakukan karena adanya permasalahan mengenai kurangnya motivasi belajar siswa, guru yang kurang menggunakan variasi metode pembelajaran dan media pembelajaran dan hanya beberapa siswa saja yang memperhatikan guru pada saat menjelaskan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh dengan menggunakan metode pembelajaran Course Review Horay berbantuan media gambar terhadap motivasi belajar siswa pada pelajaran IPAS kelas IV SD negeri 104302 Cempedak Lobang. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 21 siswa yang terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 9 siswa Perempuan. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan sampling yaitu jenuh dimana semua anggota populasi digunakan sebagai sampel penelitian. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi. Variabel bebas pada penelitian ini adalah metode pembelajaran Course Review Horay dan variabel terikat dalam penelitian ini adalah motivasi belajar siswa. Pengujian hipotesis yang dilakukan dalam penelitian ini dengan menggunakan Independet Sample T-test. Berdasarkan hasil dari penelitian tersebut dengan menggunakan uji Independent Sample T-test mendapatkan hasil nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Berarti nilai hasil signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 maka hal ini menunjukkan bahwa Ha diterima berarti mendapatkan pengaruh signifikan metode pembelajaran Course Review Horay terhadap motivasi belajar siswa dan Ho ditolak. Jadi, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh Metode Pembelajaran Course Review Horay Berbantuan Media Gambar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pelajaran IPAS Kelas IV SD Negeri 104302 Cempedak Lobang. |
URI: | https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25681 |
Appears in Collections: | Primary Teacher Education |
Files in This Item:
File | Description | Size | Format | |
---|---|---|---|---|
SKRIPSI DWINTAA.pdf | Full Text | 10.32 MB | Adobe PDF | View/Open |
Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.