Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini adalah “ Rendahnya Aktivitas dan Hasil
Belajar siswa kelas XI SMK-BM Swasta Budisatrya Medan.” Tujuan Penelitian
ini adalah untuk mengetahui dengan menerapkan metode Kolaborasi model
pembelajaran Scramble dengan Talking Stick dapat meningkatkan aktivitas dan
hasil belajar akuntansi kelas XI SMK-BM SWASTA BUDISATRYA MEDAN.
Penelitian ini dilaksanakan di kelas XI akuntansi SMK-BM SWASTA
BUDISATRYA MEDAN. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI akuntansi I
yang berjumlah 38 orang dan objek penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas
dan hasil belajar siswa melalui penerapan kolaborasi model pembelajaran
Scramble dengan Talking Stick. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan
lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes untuk melihat hasil
belajar siswa. Adapun teknik analisa data dengan menggunakan data kuantitatif
dan data kualitatif.
Dari hasil analisa data diperoleh hasil belajar pada observasi data awal (prasiklus)
siswa yang tuntas 11 orang atau 28,95%. Data postes siklus I siswa yang tuntas 22
orang atau 57,89%. Sedangkan postes siklus II 38 orang siswa yang tuntas atau
100%. Berarti ada peningkatan hasil belajar siswa dari postes siklus I ke postes
siklus II sebesar 42,11%.
Dari perolehan hasil belajar siswa dan lembar observasi, disimpulkan bahwa
dengan menerapkan kolaborasi model pembelajaran Scramble dengan Talking
Stick pada Kompetensi Dasar mendeskripsikan pengelolaan kartu aktiva tetap,
Indikator arti, ciri dan cara memperoleh aktiva tetap dikelas XI akuntansi SMKBM
SWASTA
BUDISATRYA
MEDAN
Tahun
pelajaran
2017/2018
dapat
meningkatkan
aktivitas
dan
hasil
belajar
akuntansi.
Hal
ini
berarti
bahwa
penerapan
kolaborasi
model
pembelajaran
Scramble dengan Talking Stick dapat
digunakan sebagai alternatif dalam pembelajaran akuntansi.