Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan
penggunaan media pembelajaran akuntansi berbasis edmodo dapat meningkatkan
kualitas pembelajaran siswa akuntansi pada pokok bahasan Jurnal Khusus dikelas
XI SMK YPK Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Subjek penelitian ini adalah
siswa kelas XI akuntansi SMK YPK Medan yang berjumlah 33 orang siswa.
Sedangkan yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah penggunaan media
pembelajaran akuntansi berbasis edmodo sebagai usaha dalam meningkatkan
kualitas pembelajaran akuntansi pada pokok bahasan Jurnal Khusus dikelas XI
SMK YPK Medan Tahun Ajaran 2017/2018. Instrumen penelitian ini adalah tes
dan lembar observasi. Hasil belajar pada siklus I diperoleh sebanyak 17 siswa (
51,51% ) yang mencapai ketuntasan dan yang belum mencapai ketuntasan 16
siswa ( 48,49% ). Sedangkan untuk hasil belajar untuk siklus II diperoleh
sebanyak 33 siswa ( 100% ) yang mencapai ketuntasan dan yang belum mencapai
ketuntasan 0 siswa ( 0% ). Berdasarkan hasil siklus II diketahui bahwa aktivitas
dan hasil belajar siswa telah meningkat dan berhasil.