Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran Pair Check Terhadap Hasil Belajar Akuntasi Siswa Kelas XI-2 AP
SMK Bina Satria Tahun Ajaran 2017/2018 pada materi pokok dana kas kecil.
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas
XI-2 AP SMK Bina Satria.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Bina Satria yang beralamat di Jln.
Marelan IX No. 1 Tanah enam ratus, Kecamatan Medan Marelan Kota Medan.
Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP
SMK Bina Satria. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive
sampling sehingga sampel yang digunakan adalah kelas XI-2 AP yang berjumlah
36 orang. Instrument yang digunakan adalah essay test yang terdiri dari 10 intem
valid.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif.
Sebelum melakukan analisis maka terlebih dahulu melakukan uji persyaratan
analisis yang terdiri dari menentukan nilai rata-rata, simpangan baku, uji
normalitas, homongenitas dan hipotesis.
Dari hasil data pre test diperoleh rata-rata 51,11dan simpangan baku 13,89
sedangkan untuk data post test diperoleh nilai rata-rata 87,78 dan simpangan baku
15,23. Penelitian ini menggunakan uji liliefors untuk mengetahui normalitas dari
data hasil belajar. Dari data perhitungan hipotesis diperoleh
yaitu (26,5683>1,6895)
.
Dapat
disimpulkan
bahwa
ada
pengaruh
model
pembelajaran
Pair
Check
Terhadap
Hasil
Belajar
Akuntansi
Siswa
Kelas
XI-2
AP
SMK
Bina
Satria
Tahun
Ajaran
2017/2018.