Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
persepsi kualitas pelayanan, harga dan kepuasan konsumen secara langsung
terhadap loyalitas konsumen, untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh
kualitas pelayanan dan harga secara langsung terhadap kepuasan konsumen, dan
untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan dan harga secara
tidak langsung terhadap loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen. Dalam
penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 100 responden yang merupakan
masyarakat Medan Labuhan sebagai konsumen JNE Martubung. Teknik
pengumpulan data menggunakan daftar pernyataan seperti kuesioner dan teknik
analisis data menggunakan Partial Least Square (SmartPLS). Hasil penelitan
menunjukan terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan, harga
dan kepuasan konsumen terhadap loyalitas konsumen. Terdapat pengaruh positif
dan signifikan kualitas pelayanan dan harga terhadap kepuasan konsumen.
Terdapat pengaruh positif dan signifikan kualitas pelayanan dan harga terhadap
loyalitas konsumen melalui kepuasan konsumen