Abstract:
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Hasil Belajar Akuntansi yang
diajarkan dengan Model Direct Instruction dalam meningkatkan hasil belajar akuntansi
siswa. Dan Untuk mengetahui adakah peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan
menggunakan Audio Visual Powtoon melalui Model Pembelajaran Direct Instruction di
SMK Swasta Bandung 1 Medan T.P 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan dikelas X Akuntansi SMK Swasta Bandung 1 yang
berjumlah 30 siswa. digunakan adalah tes dan observasi keaktifan siswa selama
pembelajaran adapun Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes dan observasi
keaktifan siswa selama pembelajaran. Tes yang digunakan dalam penelitian ini adalah
tes tertulis yang diberikan kepada siswa yang berisi 10 soal berbentuk essay tes.
Observasi yang dilakukan adalah observasi tingkat keaktifan siswa siswa dalam proses
belajar mengajar. Berdasarkan hasil analisis penelitian diketahui bahwa pada siklus I
diperoleh hasil belajar sebesar 50,00% dan pada siklus II hasil belajar mengalami
peningkatan menjadi 93,33% . Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada
peningkatan hasil belajar akuntansi siswa dengan menggunakan Audio Visual Powton
Akuntansi melalui Model Pembelajaran Direct Instruction di SMK Swasta Bandung 1
T.P 2017/2018