Research Repository

Pengembangan Media Kartu Uno Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Fadillah, Nada Dwi
dc.date.accessioned 2024-10-24T13:11:35Z
dc.date.available 2024-10-24T13:11:35Z
dc.date.issued 2024-07-31
dc.identifier.uri https://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25606
dc.description.abstract Tujuan Penelitian ini yaitu untuk : (1) Mengetahui tingkat kevalidan bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA. (2) Mengetahui tingkat kepraktisan media kartu Uno berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA. (3) Menghasilkan media kartu Uno berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE yang terdapat 5 tahapan yaitu : (1) (Analysis) Tahap Analisis, (2) (Design) Tahap Desain, (3) (Development) Tahap Pengembangan, (4) (Implementation) Tahap Implementasi dan (5) (Evaluation) Tahap Evaluasi. Hasil dari penelitian ini menghasilkan media kartu Uno berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA. Berdasarkan validasi materi terhadap bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) memperoleh nilai 96%, Hasil validasi desain memperoleh nilai 97%, Hasil validasi bahasa memperoleh nilai 95%. Artinya bahwa bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajarab IPA termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil kepraktisan terhadap media kartu Uno berbasis Problem Based Learning (PBL) pada respon guru diperoleh rata-rata 95% dan untuk respon siswa diperoleh rata-rata 95% artinya bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media kartu Uno berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis. en_US
dc.publisher UMSU en_US
dc.subject Media kartu Uno en_US
dc.subject Berbasis Problem Based Learning (PBL) en_US
dc.subject Model Pengembangan ADDIE en_US
dc.title Pengembangan Media Kartu Uno Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account