Abstract:
Tujuan Penelitian ini yaitu untuk : (1) Mengetahui tingkat kevalidan bahan ajar
berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA. (2) Mengetahui
tingkat kepraktisan media kartu Uno berbasis Problem Based Learning (PBL) pada
pembelajaran IPA. (3) Menghasilkan media kartu Uno berbasis Problem Based
Learning (PBL) pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu metode penelitian pengembangan (Research and Development). Model
pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model pengembangan
ADDIE yang terdapat 5 tahapan yaitu : (1) (Analysis) Tahap Analisis, (2) (Design)
Tahap Desain, (3) (Development) Tahap Pengembangan, (4) (Implementation)
Tahap Implementasi dan (5) (Evaluation) Tahap Evaluasi. Hasil dari penelitian ini
menghasilkan media kartu Uno berbasis Problem Based Learning (PBL) pada
pembelajaran IPA. Berdasarkan validasi materi terhadap bahan ajar berbasis
Problem Based Learning (PBL) memperoleh nilai 96%, Hasil validasi desain
memperoleh nilai 97%, Hasil validasi bahasa memperoleh nilai 95%. Artinya
bahwa bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajarab IPA
termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil kepraktisan terhadap media kartu Uno
berbasis Problem Based Learning (PBL) pada respon guru diperoleh rata-rata 95%
dan untuk respon siswa diperoleh rata-rata 95% artinya bahan ajar berbasis Problem
Based Learning (PBL) termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil
penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media kartu Uno berbasis Problem
Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah
01 Medan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.