Please use this identifier to cite or link to this item: http://localhost:8080/handle/123456789/25606
Full metadata record
DC FieldValueLanguage
dc.contributor.authorFadillah, Nada Dwi-
dc.date.accessioned2024-10-24T13:11:35Z-
dc.date.available2024-10-24T13:11:35Z-
dc.date.issued2024-07-31-
dc.identifier.urihttps://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/25606-
dc.description.abstractTujuan Penelitian ini yaitu untuk : (1) Mengetahui tingkat kevalidan bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA. (2) Mengetahui tingkat kepraktisan media kartu Uno berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA. (3) Menghasilkan media kartu Uno berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE yang terdapat 5 tahapan yaitu : (1) (Analysis) Tahap Analisis, (2) (Design) Tahap Desain, (3) (Development) Tahap Pengembangan, (4) (Implementation) Tahap Implementasi dan (5) (Evaluation) Tahap Evaluasi. Hasil dari penelitian ini menghasilkan media kartu Uno berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA. Berdasarkan validasi materi terhadap bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) memperoleh nilai 96%, Hasil validasi desain memperoleh nilai 97%, Hasil validasi bahasa memperoleh nilai 95%. Artinya bahwa bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajarab IPA termasuk dalam kategori sangat valid. Hasil kepraktisan terhadap media kartu Uno berbasis Problem Based Learning (PBL) pada respon guru diperoleh rata-rata 95% dan untuk respon siswa diperoleh rata-rata 95% artinya bahan ajar berbasis Problem Based Learning (PBL) termasuk dalam kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media kartu Uno berbasis Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran IPA Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.en_US
dc.publisherUMSUen_US
dc.subjectMedia kartu Unoen_US
dc.subjectBerbasis Problem Based Learning (PBL)en_US
dc.subjectModel Pengembangan ADDIEen_US
dc.titlePengembangan Media Kartu Uno Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Muhammadiyah 01 Medanen_US
dc.typeThesisen_US
Appears in Collections:Primary Teacher Education

Files in This Item:
File Description SizeFormat 
alhamdulillah pengembangan skripsi ....pdf7.16 MBAdobe PDFView/Open


Items in DSpace are protected by copyright, with all rights reserved, unless otherwise indicated.