Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hasil Belajar Akuntansi siswa
kelas X Akuntansi SMK Swasta Bandung 1 dengan menggunakan Model
Pembelajaran Artikulasi berbantu Pocket Book. Dan untuk mengetahui Pengaruh
Model Pembelajaran Artikulasi berbantu Pocket Book terhadap Hasil Belajar
Akuntansi siswa pada Kompetensi Dasar Buku Besar kelas X Akuntasi SMK
Swasta Bandung 1 Tahun Pelajaran 2017/2018.
Masalah dalam Penelitian ini adalah Rendahnya Hasil Belajar Akuntansi
siswa kelas Akuntansi SMK Swasta Bandung 1. Penelitian ini dilaksanakan di
Akuntansi SMK Swasta Bandung 1 yang beralamat di Jalan Pengabdian No.72
Deli Serdang.
Populasi yang digunakan adalah kelas X SMK Akuntansi yang berjumlah
30 orang. Tehnik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling.
Desain Penelitian yang digunakan adalah One-Shot Case Study. Instrumen yang
digunakan adalah Tes tertulis berbentuk Essay Test yang berjumlah 5 Item.
Dari hasil analisis data Observasi diperoleh Nilai Rata-Rata 35,73
dengan Standar Deviasi 2,66 dan untuk data Post Test Nilai Rata-Rata 88,66
dengan Standar Deviasi 8,70. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan
rumus uji t sampel berpasangan pada taraf α = 0,05. Dari data perhitungan
hipotesis diperoleh hitung
T
>
tabelT
yaitu 4,173 > 2,048 yang artinya Ha diterima
dan Ho ditolak.
Dapat disimpulkan bahwa Ada Pengaruh Model Pembelajaran
Artikulasi Berbantu Pocket Book terhadap Hasil Belajar Akuntasi Siswa Kelas X
Akuntansi SMK Swasta Bandung 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Hal ini
membuktikan bahwa Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Model
Pembelajaran Artikulasi Berbantu Pocket Book dapat Meningkatkan Hasil Belajar
Siswa Kelas X Akuntansi SMK Swasta Bandung 1 Tahun Pelajaran 2017/2018.