Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penggunaan
Media Modul dapat meningkatkan hasil beljar siswa Kelas X- AK 2 SMK Swasta
PAB 2 Helvetia Tahun Pembelajaran 2017.2018 pada materi Ayat Jurnal
Penyesuaian.
Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK-2 SMK Swasta PAB
2 Helvetia Jl. Labuhan Deli No. 12 yang berjumlah 37 siswa. Sedangkan yang
menjadi objek dalam penelitian ini adalah Media Modul sebagai upaya dalam
meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa SMK PAB 2 Helvetia Medan pada
materi Ayat Jurnal Penyesuaian. Instrument penelitian yang digunakan adalah test
dan lembar Observasi.
Adapun yang menjadi hasil dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa
pada tes awal diperoleh 12 dari 37 siswa (32%) yang mencapai ketuntasan dan
yang belum belum mencapai ketuntasan 25 orang siswa. Hasil belajar test siswa
pada siklus I diperoleh sebanyak 20 siswa(54,0%) yang mencapai ketuntasan,
sementara yang belum tuntas sebanyak 17 orang siswa (46%) sedangkan untuk
hasil belajar pada siklus II diperoleh sebanyak 32 siswa (86,49%) yang mencapai
ketuntasan, sementara yang belum tuntas sebanyak 5 orang siswa (13,51%).
Berdasarkan hasil siklus II diketahui bahwa hasil belajar siswa telah meningkat
dan berhasil.