Abstract:
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu “Bagaimana Penerapan Strategi
Pembelajaran Small Group Work Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akuntansi
Siswa Kelas X SMK Swasta Budisatrya Medan?”. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK 2 setelah diterapkan Strategi
Pembelajaran Small Group Work tahun pelajaran 2017/2018.
Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AK 2 SMK
Swasata Budisatrya Medan yang keseluruhannya berjumlah 29 siswa. Sedangkan
objek dalam penelitian ini adalah Strategi Pembelajaran Small Group Work untuk
meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
adalah tes untuk melihat hasil belajar siswa, serta lembar observasi siswa selama
proses pembelajaran berlangsung. Pada hasil belajar awal terdapat 28,57% dengan
nilai rata-rata 64,64 pada siklus I terdapat 64,29% dengan nilai rata-rata 69,43%
sedangkan pada siklus II terdapat 85,71% dengan nilai rata-rata 80,07.
Dengan demikian ada peningkatan hasil belajar siswa secara signifikan
dalam proes belajar mengajar pada Kompetenti jurnal khusus. Berdasarkan hasil
tes tersebut dapat disimpulkan bahwa Strategi Pembelajaran Small Group Work
dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Akuntansi 2 SMK Swasta
Budisatrya Medan Tahun pelajaran 2017/2018.