Abstract:
Resource Based Learning ialah semua bentuk belajar yang
melibatkan anak didik pada sumber belajar baik individu maupun
berkelompok. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk melihat
pengaruh penerapan model belajar Resource Based Learning terhadap hasil
belajar siswa kelas IV SDN 064020 Sunggal pada mata pelajaran Pendidikan
Pancasila. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif
yaitu Pre Eksperimen dengan menggunakan Desain One Group Pretest –
Postest. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas IV SDN 064020, dengan
sampel siswa kelas IVA sebanyak 28 Peserta didik. Metode pengumpulan data
menggunakan observasi dan tes. Kelayakan instrumen diperiksa sebelum
digunakan melalui uji validitas dan relibiabilitas. Data hasil tes terlebih dahulu
dianalisis secara deskriptif dan dilanjutkan dengan uji hipotesis menggunakan
uji paired samples statistic. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa
model pembelajaran Resource Based Learning memiliki pengaruh terhadap
hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. Hal tersebut
bisa dilihat peningkatan rata-rata hasil belajar yang awalnya 47,86 (pretest)
menjadi 79,64 (postest) dan juga diperkuat dengan uji hipotesis yang
menunjukkan penolakan terhadap Ho. Dampak lain yang dirasakan dari
implementasi Resource Based Learning adalah siswa menjadi lebih aktif saat
saat pembelajaran dan proses pembelajaran menjadi menyenangkan.