Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XIAkdi SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak. Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran Every One Is a
Teacher Here pada siswa kelas XI Ak di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan
Perak pada kompetensi dasar Menyusun Neraca Lajur Perusahaan Dagang.Tahun
Pelajaran 2017/2018.
Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak
yang beralamat di Jalan Perintis Kemerdekaan Simpang Beringin Kampung
Selemak kecamatan Hamparan Perak, kabupaten Deli Serdang. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Ak yang berjumlah 38 orang,
sedangkan sampel yang digunakan adalah seluruh siswa kelas XI Ak yang
berjumlah 38 orang (sampling jenuh). Instrumen penelitian dengan menggunakan
angket yang berjumlah 15 item yang valid dan tes tertulis berbentuk uraian yang
berjumlah 4 soal yang valid.
Berdasarkan perhitungan persamaan regresi linier sederhana diperoleh
bahwa Y = 32,870 + 0,949. Ini menunjukkan bahwa setiap peningkatan
persamaan regresi linier untuk Strategi Pembelajaran Every One Is a Teacher
Here, maka akanterjadi peningkatan sebesar 0,949. Uji signifikansi dengan uji t
diperoleh hasil sebesar 5,500 dengan signifikan 0,000. Sedangkan dari hasil uji
determinasi diperoleh hasil 45,7% sedangkan sisanya 54,3% dipengaruhi oleh
faktor lain diluar penelitian ini.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang sangat
signifikan antara Strategi Pembelajaran Every One Is a Teacher Hereterhadap
hasil belajar siswa kelas XI AK di SMK Tarbiyah Islamiyah Hamparan Perak
pada kompetensi dasar Menyusun Neraca Lajur Perusahaan Dagang Tahun
Pelajaran 2017/2018