Research Repository

Pengaruh model pembelajran talking stick terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMA Tamansiswa Medan

Show simple item record

dc.contributor.author Guna, Fikar Septian Hadi
dc.date.accessioned 2020-03-12T03:19:07Z
dc.date.available 2020-03-12T03:19:07Z
dc.date.issued 2018-02-20
dc.identifier.uri http://repository.umsu.ac.id/handle/123456789/2554
dc.description.abstract Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMA Tamansiswa Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar akuntansi siswa XI di SMA Tamansiswa Medan tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian dilaksanakan di SMA Tamansiswa Medan yang beralamat di Jl. Singosari No. 11 Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 43 siswa. Sampel penelitian ini diambil berdasarkan teknik purposive sampling yaitu populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah satu kelas sebanyak 21 siswa. Instrumen dalam penelitian menggunakan angket sebanyak 15 soal dan tes tertulis sebanyak 10 soal. Teknik analisis data dilakukan dengan cara melakukan uji kualitas data, uji hipotesis dan koefisien determinasi. Dari hasil uji korelasi diperoleh rxy sebesar 0,940. Untuk n = 21 , diperoleh dk = n -2 = 19. Dengan α = 0,05, diperoleh rtabel = 0,3687. Berarti rxy (0,940) > rtabel (0,3687). Ini menunjukan bahwa terdapat hubungan yang kuat signifikan antara X (model pembelajaran talking stick) dan Y (hasil belajar). Nilai koefisien determinasi sebesar 0,883 menujukan bahwa model pembelajaran talking stick mempengaruhi hasil belajar akuntansi siswa sebesar 0,883 x 100% = 88,3%. Dari perhitungan diperoleh bahwa nilai thitung untuk variabel X sebesar 11,988. Untuk n = 33, diperloleh dk = n-2 = 21 – 2 = 19. Dengan α = 0,05, diperoleh ttabel = 1,729. Karena nilai thitung (11,988) > ttabel (1,729), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar. Dari perhitungan regresi linier sederhana diperoleh persamaan : Y=27,524+1,037X. Ini menunjukan bahwa setiap peningkatan persamaan regresi linier untuk model pembelajaran talking stick, maka akan terjadi peningkatan sebesar 1,037. en_US
dc.subject Model Pembelajaran Talking Stick en_US
dc.subject Hasil Belajar Akuntansi en_US
dc.title Pengaruh model pembelajran talking stick terhadap hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMA Tamansiswa Medan en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Browse

My Account