Abstract:
Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi
siswa kelas XI di SMA Tamansiswa Medan. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh model pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar
akuntansi siswa XI di SMA Tamansiswa Medan tahun pembelajaran 2017/2018.
Penelitian dilaksanakan di SMA Tamansiswa Medan yang beralamat di
Jl. Singosari No. 11 Medan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 43 siswa.
Sampel penelitian ini diambil berdasarkan teknik purposive sampling yaitu
populasi dijadikan sampel dalam penelitian ini berjumlah satu kelas sebanyak 21
siswa. Instrumen dalam penelitian menggunakan angket sebanyak 15 soal dan tes
tertulis sebanyak 10 soal.
Teknik analisis data dilakukan dengan cara melakukan uji kualitas data,
uji hipotesis dan koefisien determinasi. Dari hasil uji korelasi diperoleh rxy sebesar
0,940. Untuk n = 21 , diperoleh dk = n -2 = 19. Dengan α = 0,05, diperoleh rtabel =
0,3687. Berarti rxy (0,940) > rtabel (0,3687). Ini menunjukan bahwa terdapat
hubungan yang kuat signifikan antara X (model pembelajaran talking stick) dan
Y (hasil belajar).
Nilai koefisien determinasi sebesar 0,883 menujukan bahwa model
pembelajaran talking stick mempengaruhi hasil belajar akuntansi siswa sebesar
0,883 x 100% = 88,3%. Dari perhitungan diperoleh bahwa nilai thitung untuk
variabel X sebesar 11,988. Untuk n = 33, diperloleh dk = n-2 = 21 – 2 = 19.
Dengan α = 0,05, diperoleh ttabel = 1,729. Karena nilai thitung (11,988) > ttabel
(1,729), maka dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan model
pembelajaran talking stick terhadap hasil belajar. Dari perhitungan regresi linier
sederhana diperoleh persamaan : Y=27,524+1,037X. Ini menunjukan bahwa
setiap peningkatan persamaan regresi linier untuk model pembelajaran talking
stick, maka akan terjadi peningkatan sebesar 1,037.