Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan hasil
belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran practice rehearsal pairs
dengan hasil belajar yang diajar menggunakan model pembelajaran artikulasi pada
siswa kelas XI AK SMK Swasta Harapan Mekar 2 Medan Tahun Pelajaran
2017/2018. Dengan rumusan masalah yaitu hasil belajar siswa yang rendah.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK, dengan teknik
pengambilan sampel yang dilakukan adalah teknik total sampling yaitu seluruh
siswa kelas XI AK yang berjumlah sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data
penelitian yang digunakan untuk mengukur hasil belajar akuntansi siswa dalam
bentuk tes pilihan berganda sebanyak 9 item, dimana sebelumnya telah diuji
cobakan untuk mengetehui tingkat validitas dan reliabilitas. Dan teknik analisis
data yang digunakan yaitu menggunakan Uji t.
Dari hasil analisis data kelas XI AK yang menggunakan model
pembelajaran practice rehearsal pairs diperoleh rata – rata 76,97 dengan standar
deviasi 14,27. Sedangkan yang menggunakan model pembelajaran artikulasi
diperoleh rata – rata 64,25 dengan standar deviasi 12,25. Pengujian hipotesis
dilakukan dengan tingkat kepercayaan α = 0,05 pada pengamatan N = 32 siswa
didapat thitung > ttabel yaitu 12,410 > 2,042 dengan kata lain hipotesis Ha
diterima. Dengan demikian hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada
perbedaan yang signifikan hasil belajar akuntansi siswa yang diajar menggunakan
model pembelajaran practice rehearsal pairs dengan hasil belajar yang diajar
menggunakan model pembelajaran artikulasi di kelas XI AK SMK Swasta
Harapan Mekar 2 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.